Thursday, November 20, 2008

Kenapa sih laron??

Akhir-akhir ini banyak laron disekeliling kita(terutama kosan gw sih)..ya ga?? Sebenernya darimana sih laron itu berasal? Dan kenapa dia mendekati cahaya dan hanya keluar pada malam hari?

Gw sendiri juga sering bingung mengenai pertanyaan diatas, tapi akhirnya ketemu juga jawabannya. Sebenernya laron (Subterranean termite) itu adalah hasil metamorfosis lanjut dari suatu Ordo Archyptera atau Isoptera yang tidak sempurna. Laron itu metamorfosis dari rayap. Ya istilahnya rayap terbang sih(cuma ga tau kenapa kok badan laron beberapa kali lipat dari rayap ya??). Dia sebenarnya punya karakteristik seperti rayap, yaitu pemakan kayu. Namun saat mereka keluar malam hari, mereka tidak keluar untuk makan(gerogotin kayu), melainkan itu merupakan usaha proteksi diri dari cuaca yang hujan sehingga lembab dan basah(sebenarnya mereka punya tempat "nongkrong" dibawah tanah), ya jadi tau sendiri kalo ujan gimana..

Lalu, tujuan dari laron itu mendekati cahaya adalah untuk mengurangi kelembapan dengan cara berjemur didekat cahaya(sayapnya mungkin basah kali yaaa..) dan juga untuk penghidupan. Karena ternyata, laron itu tidak bisa melihat dicahaya yang kurang intensitasnya. Makanya dia hanya keluar malem hari(kalo ada yang keluar siang mungkin dia abis ronda kali ya...). Kalo ga percaya, coba aja lo masukin laron ke kamar lo trus lampunya lo matiin semua. Tunggu aja 5-15menit, ternyata laron itu pada lumpuh(masi idup tapi sayapnya lemah) mungkin karena gelap dia nabrak2 gitu kali ya.... Tapi cara ini udah sering gw buktikan loh..

Sebenernya laron itu ga perlu ditakutin, meskipun dia sodaranya rayap(gw pernah digigit rayap sakit parah, hampir sama ky disengat tawon) dia ga perlu dikhawatirkan. Karena "job"nya saat dikeluar itu bukan gigit manusia atopun kayu...hehehe

No comments:

 

Blogger news

Blogroll

About

tes