Friday, October 2, 2009

Review AKG k416p


AKG ini merupakan tipe closed portable headphone. Jenis ini merupakan produk langka dan susah dicari. Saya kebetulan saja bertemu dengan salah satu penjual headphone terkemuka dikaskus. Awalnya pengen ngebeli HD 212 pro, eh di tawarin yang satu ini. Katanya, "Coba aja dulu, gak nyesel beli ini dah, ini barang langka". Yaudah gue coba, ternyata emang jodoh ama suaranya. Yak sekian prolognya.

Dari segi build headphone ini agak ringkih, takut patah, apalagi dapetnya softcase pula, perlu extra hati2. Dari segi sound headphone ini bisa dibilang warm. Dengan bass yang punchy banget dan suara yang ga mendem2 amat ini, gw langsung terpikat. Out of the box nih headphone warm banget tapi detailnya mnurut gue udah lumayan(utk pertama kalinya gue membutuhkan yang namanya treble, karena gue treble haters). Headphone ini meredam suara luar dikategorikan biasa2 saja, begitu musik di setel baru kerasa agak kedap. Gue pertama kali ngetes ditokonya pake N82, dan ternyata nih headphone bisa keangkat(padahal sama2 32ohm=HD212pro). Mungkin karena ada vol kontrol kali ya.

Setelah Burn-in 200jaman terjadi perbedaan suara yang mnurut gue cukup signifikan. Mulai dari bass, kuantitas berkurang tetapi kualitas naik(jadi ga boomy gitu). Untuk lownya hampir gada perubahan(dari awal lownya udah mantebh) dan untuk midnya sama aja seperti awal. Nah yang dahsyat adalah highnya kerasa banget cling cling tapi ga nyakitin. Untuk detail suara naik pesat dan untuk separasi musik naik dikit dan soundstage meluas cukup besar.

Kelemahan utama gue adalah kurang nyamannya nih headphone dipake kalo pake kacamata(telinga bagian atas belakang menekan kencang sementara ada kacamata), jadi kalo pake kacamata paling cuma kuat sejam-dua jam.

Headphones weight without cable (g) 73
Sensitivity (dB/mW, dB/V*) 126*
Audio bandwidth (Hz to kHz) 11-29,5
Rated impedance (ohms) 32
3D-Axis (folding mechanism) Yes
Patented self-adjusting headband Yes
Unbreakable metal arches Yes
99.99% oxygen-free cable (length in m) 1,0
Hard gold-plated jack plug and contacts Yes
Closed-back, dynamic headphones Yes
NdFe magnets Yes
Suited for (SA)CD, DVD(A), DAT Yes
Best for MP3, CD, MD and PC/laptops Yes

Score after burn-in 200hours
Bass impact 8
Bass Quality 8
Details 8
Comfort 4
Soundstage 7
Positioning 7
Noise-cancellation 5

+ great bass respone (ga boomy), details, high indah
- body build, uncomfortable

HIGHLY RECOMMENDED

No comments:

 

Blogger news

Blogroll

About

tes